Adobe Photoshop, Desain, Teknik Dasar

Adobe Photoshop adalah software yang disediakan untuk memodifikasi gambar atau foto. Aplikasi Photoshop menyediakan tool dan efek yang lengkap sehingga mampu menghasilkan gambar atau foto yang berkualitas bagus. Karena lengkapnya tool dan efek inilah, maka aplikasi Adobe Photoshop banyak digunakan oleh para desainer grafis. Nah, bab ini menyajikan secara ringkas mengenai pengenalan aplikasi Adobe Photoshop.

Meluncurkan Program Photoshop

Untuk meluncurkan aplikasi Photoshop, gunakanlah langkah-langkah singkat di bawah ini.

» Pertama-tama klik tombol Start.

» Tunggulah beberapa saat hingga jendela aplikasi Adobe Photoshop CS5 muncul di layar komputer.

Mengenal Area Kerja Photoshop

Sebelum menggunakan aplikasi Photoshop, sebaiknya kita mengenal terlebih dahulu area kerja Photoshop. Berikut ini penjelasan mengenai area kerja pada jendela aplikasi Photoshop.

Menu Bar

Bagian ini berisi menu-menu untuk menjalankan perintah-perintah yang spesifik. Masing-masing menu berisi beberapa opsi.

Toolbox

Bagian ini menampung tool-tool untuk membuat atau memodifikasi gambar atau foto.

Panel-panel

Area ini terdiri dari beberapa panel. Masing-masing panel memiliki fungsi yang khas untuk mengatur, mengamati, atau memodifikasi gambar atau foto yang sedang diolah. Panel-panel di area ini bisa dipindahkan ke lokasi lain atau disembunyikan demi kenyamanan dalam bekerja.

Kanvas/Active Image Area

Di area inilah, kita bisa mendesain, mengedit, atau membuat gambar baru.

Status Bar

Bagian ini menampilkan informasi tertentu yang berkaitan dengan kanvas atau Active Image Area seperti ukuran file, konsumsi memori, dan beberapa informasi lainnya.

Options Bar

Bagian ini berisi pengaturan yang mempengaruhi kerja tool-tool. Sebagian besar tool bisa dapat diatur dengan menggunakan pengaturan di Options Bar.

Membuka File Gambar

Seperti telah dijelaskan pada bagian awal bab ini, aplikasi Photoshop seringkali digunakan untuk memodifikasi atau mengolah foto. Nah, untuk membuka sebuah file gambar atau foto pada aplikasi ini, lakukanlah panduan singkat di bawah ini.

» Awali dengan memilih menu File > Open.

» Pada kotak dialog Open yang muncul, pilihlah salah satu foto yang hendak ditampilkan pada jendela Photoshop.

Jika sudah, pilihlah tombol Open.

Menyimpan Desain

Aplikasi Photoshop menyediakan beragam pilihan format file sebagai format penyimpanan hasil desain yang telah kita buat. Namun dua format yang seringkali digunakan adalah format file JPEG, BMP dan PSD.

Format JPEG (Joint Photographic Experts Group) merupakan format file yang paling sering digunakan di internet. Format ini cocok digunakan sebagai format file penyimpanan foto-foto yang berkualitas tinggi tetapi dengan ukuran file yang sangat kecil. Walaupun kompresi gambar JPEG sangat efisien tetapi bila tingkat kompresi yang dipilih semakin tinggi, maka kualitas gambar akan berkurang.

Sedangkan format file BMP (Bitmap Image) cocok digunakan untuk menyimpan gambar sementara waktu tanpa mengurangi kualitasnya. Kelebihannya lainnya, file BMP memiliki ukuran yang jauh lebih besar daripada tipe-tipe lainnya. Tetapi format file ini bisa dibuka oleh hampir semua aplikasi pengolah gambar.

Sementara itu, format file PSD (Photoshop Document) merupakan format file asli aplikasi Adobe Photoshop. Format file ini memiliki kemampuan menyimpan informasi layer dan alpha channel yang terdapat dalam sebuah foto atau gambar sehingga ketika kita membukanya, maka kita bisa melanjutkan mengolah foto tersebut kembali.

Nah, untuk menyimpan file dalam aplikasi Adobe Photoshop, ikutilah langkah- langkah singkat di bawah ini.

» Pilihlah menu File > Save As.

Pada kotak dialog Save As yang muncul, tentukan lokasi penyimpanan file di kotak kombo Save in dan pilih salah satu format file di kotak kombo Format. Ketikkan nama untuk file di kolom File name.

teknik dasar photoshop cs5 (29), makalah photoshop (15), cara menggunakan aplikasi photoshop cs5 (13), teknik dasar photoshop (13), pengertian photoshop cs5 (11), cara menggambar di komputer dgn adobe photoshop (10)
Comments are closed. Posted by: kompu02 on

Tags: , , , , , ,