Calculator, Cara Calculator Windows

Pernah pakai kalkulator, kan? Yang dipakai untuk menjumlah, mengurang, mengali, dan membagi bilangan itu, lho. Dulu, sebelum boleh memakai kalkulator, kita pakai kertas corat-coret. Penjumlahan dan pengurangan dihitung dengan cara berjejer-jejer. Kalau seperti itu, kita harus ekstra hati-hati. Tambah panjang hitungannya, pasti bikin tambah bingung. Apalagi kalau pas kita ngantuk wah, bisa-bisa hasil hitungan kita meleset semua. Nah, dengan bantuan kalkulator, kamu bisa menghitung dengan lebih cepat dan resiko kesalahannya juga lebih kecil. Asyik, kan? aman deh.

Nah, Windows XP menyediakan fasilitas kalkulator untuk membantu kita menghitung angka-angka. Cara membukanya bagaimana, ya? Kamu ikuti saja langkah-langkah berikut ini:

  1. Klik tombol start
  2. Arahkan mouse ke All Programs
  3. Pilih Accesories
  4. Klik pilihan Calculator

Nah, ini dia kalkulator sederhana Windows XP.

Nah, berikut ini adalah contoh aplikasi Calculator yang ada di Windows XP.

Sekarang kita coba untuk melakukan penghitungan matematika sederhana, misalnya 500 x 75. Caranya :

  1. Klik mouse pada angka 5, 0, dan 0. (Nah, jadi 500, kan.)
  2. Klik mouse pada tombol perkalian
  3. Klik angka 7 lalu 5. (Jadi 75.)
  4. Klik tanda =
  5. Lihat pada layar, berapakah hasil perkalian yang muncul?

 

Yah, itu sih hitungan anak SD. Buat kamu yang udah jagoan, “hitungan seperti itu mah kecil!!!”. Jadi harus ditambah sinus, cosinus, exponent, dan semacamnya. Apa itu? Tanya

guru matematikamu, ya. Sekarang kita akan berlatih mengganti tampilan kalkulator. Hebat nih! Sekali beli kalkulator, bisa langsung dapat macam-macam fungsi. Kita ikuti langkah berikut:

  • Klik menu View yang ada di kalkulator
  • Klik pilihan Scientific,

Lihat saja di baris pertama, kamu bisa memakainya untuk hitungan desimal maupun biner, itu tuh yang hanya bisa keluar angka 0, 1, 0, 1. Kalkulator ini juga bisa menghitung derajat, radian maupun gradient. Di baris bagian bawah, kolom 2 sampai 4, kamu bisa melakukan hitungan trigonometri, sinus, cosinus, hitungan exponensial, bilangan berpangkat, hitungan logaritma, dan juga faktorial. Nah, kolom sebelah kanan bisa kamu pakai untuk hitungan logika. Lengkap, kan.

Mau coba??? Berapa 24? Coba klik angka 2, lalu klik CZlL dan klik nilai y, yaitu 4, terakhir klik =, akan keluar angka 16. Sama persis dengan kalkulator scientific yang kita punya di rumah, kan. Mau cara memakai calculator, ya silahkan.

pengertian calculator (14)
Comments are closed. Posted by: kompu02 on

Tags: , , , ,