Manajemen File Menggunakan Windows Explorer

Sesuai dengan namanya, Windows Explorer berfungsi sebagai media yang memungkinkan kita untuk mengeksplorasi berbagai file yang tersimpan pada drive- drive dalam komputer. Dari Windows Explorer, kita bisa mengakses berbagai destinasi seperti My Documents, My Computer, dan Network Places. Sementara di setiap destinasi tersebut terdapat folder-folder yang bisa kita buat sendiri untuk menyimpan file-file penting.

Khusus pada My Computer, biasanya terdapat drive yang terbagi menjadi beberapa partisi, misalnya drive O, D:, E:, dan seterusnya. Dari beberapa partisi drive tersebut, drive C: umumnya digunakan untuk menyimpan file-file program yang diinstal ke dalam komputer. Berkenaan dengan hal tersebut, sebaiknya kita tidak menyimpan file-file penting pada drive C:. Mengapa demikian? Penyimpanan file dalam drive tersebut sangatlah riskan. Jika terjadi kerusakan pada komputer, maka file-file yang tersimpan pada drive tersebut akan berpotensi hilang.

Keberadaan Windows Explorer tidak hanya memungkinkan untuk mengakses folder-folder yang diinginkan secara cepat, tetapi juga melakukan manajemen file agar file-file penting dapat tertata dengan rapi dan tersimpan dengan aman.

Menyeleksi File

Jika ingin memindahkan beberapa file ke folder lain, tidak perlu melakukannya satu per satu, tetapi kita bisa memindahkan file-file tersebut sekaligus. Untuk itu, kita harus menyeleksi file-file yang akan dipindahkan. Apabila file-file tersebut tidak berurutan, kita tidak perlu khawatir karena bisa menyeleksinya dengan cara sebagai berikut:

» Pertama-tama klik salah satu file sehingga file tersebut terseleksi.

» Jika file lain yang akan dipindahkan berurutan dengan file yang terseleksi pertama kali, maka tekanlah tombol Shift+klik pada file-file selanjutnya.

» Namun, apabila file-file yang akan diseleksi tidak berurutan, maka tekan tombol Ctrl+klik pada file-file yang diinginkan.klik-kanan pada file-file yang terseleksi kemudian pilih opsi Cut.

» Sekarang bukalah folder yang akan digunakan untuk memindahkan file-file yang terseleksi tersebut.

» Klik-kanan pada folder lalu pilih opsi Paste.

» Secara otomatis, file-file yang terseleksi tadi langsung berpindah ke folder (Data Corel) yang telah disiapkan.

menggunakan windows explorer untuk manajemen file (32), manajemen file pada windows (20), manajemen file pada komputer (15), pengertian manajemen file pada komputer (15)
Comments are closed. Posted by: kompu02 on

Tags: , , , , , ,