Membuat Folder, Menghapus File / Folder, Mengubah nama File / Folder

Cara Membuat Folder

Cara membuat folder penting untuk diketahui jika ingin File-file yang tersimpan dengan rapi akan memudahkan kita untuk menemukannya kembali ketika kita membutuhkan file-file tersebut. Berkenaan dengan hal tersebut, kita sebaiknya tidak menyimpan seluruh file dalam satu folder, tetapi menyimpannya dalam folder berbeda sesuai dengan kategori yang bisa kita tentukan sendiri. Sebagai contoh misalnya, file-file musik tidak dicampur dengan file- file gambar atau dokumen penting lainnya. Untuk membuat folder baru, lakukanlah langkah-langkah berikut:

» Pertama-tama, tentukan drive yang akan digunakan untuk menyimpan file.

» Setelah itu, bukalah salah satu folder utama yang terdapat dalam drive tersebut.

» Secara otomatis muncul folder baru dengan nama New Folder, langsung saja ketikkan nama yang spesifik untuk folder baru tersebut, misalnya ARSIP PENTING.

» Jika sudah, tekanlah tombol Enter dan folder baru tersebut sudah siap digunakan untuk menyimpan file-file yang diinginkan.

 

Cara Menghapus Folder

Tanpa disadari, mungkin kita telah menyimpan banyak file yang sebenarnya sudah tidak dibutuhkan lagi. Jika dibiarkan saja, maka file-file tersebut bisa jadi mengganggu kinerja PC karena “memakan” space dalam hard disk. Agar kinerja PC tidak terganggu, alangkah baiknya jika kita menghapus file-file yang sudah tidak dibutuhkan lagi. Bagaimana caranya? Mudah saja, ikuti langkah-langkah berikut:

» Mulailah dengan menyeleksi file yang akan dihapus.

» Selanjutnya, klik-kanan file yang terseleksi kemudian pilih opsi Delete atau juga bisa langsung menekan tombol Delete pada keyboard.

» Seketika kita dihadapkan pada kotak dialog Confirm File Delete, langsung saja tekan tombol Yes.

 

Mengubah Nama File/Folder

Ketika kita memiliki file-file yang hampir mirip atau nama file yang kurang tepat, kita bisa mengubahnya tanpa harus membuka file tersebut. Bagaimana caranya? Simak langkah-langkahnya berikut ini:

Pertama-tama, seleksilah file yang akan diubah namanya.

Setelah itu, klik-kanan file tersebut lalu pilih opsi Rename atau bisa langsung menekan tombol F2 pada keyboard.

Sekarang, ketikkan nama baru untuk file tersebut.

» Kalau sudah, tekanlah tombol OK.

» Secara otomatis, nama file langsung berubah menjadi nama file baru yang kita ketikkan.

pengertian overview pane (30), cara untuk menyeleksi file (29), cara mengganti nama folder (28), langkah langkah membuat folder (20), Langkah-langkah membuat folder (16), cara menyeleksi file (14)