Monitor Komputer

Monitor adalah komponen untuk menampilkan tampilan video/grafis di komputer. Memilih monitor juga penting dalam rangka menghadirkan tampilan gambar yang baik bagi komputer kita, karena percuma jika kartu videonya bagus, namun monitornya jelek, hasilnya gambar akan ikut jelek. Karena itu, setelah memilih kartu video, berikutnya adalah Anda harus memilih monitor untuk menampilkan gambar dan kartu video tersebut.

Jenis monitor secara umum bisa dibagi menjadi dua yaitu monitor CRT, dan yang kedua monitor flat yang terbuat dari LCD atau LED. Monitor CRT mungkin sering kita kenal sebagai monitor tabung. Singkatan CRT adalah cathode ray tube, atau tabung sinar katoda. Tak heran jika monitor ini disebut sebagai monitor tabung.

Tiap jenis monitor tersebut punya kelebihan dan kekurangan. Semakin bagus kualitas monitor biasanya akan semakin mahal harganya. Berikut ini beberapa hal yang patut dipertimbangkan ketika memilih monitor, apakah CRT atau flat:

  • Keunggulan monitor flat adalah ringan, dan tidak makan tempat banyak di meja Anda. Dengan demikian meja kerja terlihat lebih luas dan cocok untuk mereka yang meja kerjanya sempit.
  • Kekurangan Monitor CRT atau kekurangan monitor tabung berat dan sulit untuk dipindahkan, selain itu makan tempat dan membuat meja kerja Anda terlihat sempit.
  • Kelebihan Monitor flat lebih hemat listrik sehingga jika biaya menjadi pertimbangan, secara jangka panjang, monitor flat lebih menghemat biaya penggunaan komputer Anda.

Jika ingin yang kelas menengah dan cocok digunakan untuk keperluan kantoran ataupun game, maka monitor 17 mungkin bisa menjadi pilihan yang tepat. Jika memang ingin tampilan layar yang lebih lebar, bisa juga memakai 19 inci. Layar monitor 21 inci ke atas, cocoknya untuk kelas high end.

Untuk komputer kelas menengah, ukuran 17 atau 19 inci kayaknya sudah cukup. Jika Anda sering berada di depan komputer, maka semakin besar ukuran layar akan semakin bagus. Tapi kalau sebesar tembok, tentu terlalu besar.

Jika jenis monitor tersebut adalah CRT atau monitor tabung, maka semakin lebar akan semakin mahal dan berat. Meh, yang lainnya juga ding. Hanya saja, ini akan sangat mengganggu peletakan di meja kerja. Selain berat, proporsi beratnyajuga tidak merata, karena pusat berat dari monitor CRT ada di bagian depan. Jadi kalau ‘ngglimpang’, ya pasti kurang bagus. Jadi dengan demikian, ada baiknya ketika memilih, kita mengambil monitor komputer yang cocok untuk diri kita.

keterangan monitor (104), jenis monitor komputer (47), keterangan monitor komputer (30), jenis jenis monitor dan penjelasannya (12), makalah tentang monitor komputer (11), makalah tentang monitor (10)