MS Excel, Pengertian Excel, Teknik Dasar Excel

Pengertian Ms Excel adalah anggota keluarga Microsoft Office yang terkenal kecanggihannya dalam mengolah data yang berupa angka-angka. Kita dapat membuat jurnal dan laporan keuangan dengan lebih mudah dan praktis dengan bantuan aplikasi ini. Pada versi ini, Excel menghadirkan tampilan yang lebih menawan daripada versi sebelumnya. Bagi yang terbiasa dengan Ms Excel 2003, tampilan barunya ini pastilah sedikit membingungkan karena sangat kontras dengan user interface versi terdahulu. Oleh karenanya, buku ini hadir untuk membantu kita yang ingin mempelajari aplikasi pengolah angka ini.

Bab ini akan membahas tuntas Excel mulai dari dasar-dasar Ms Excel, cara memasukkan data, memformat data, penggunaan formula , memodifikasi worksheet hingga bekerja dengan tabel dan chart. Selengkapnya, ikutilah penjelasan di bawah ini.

Dasar-dasar Ms Excel

Pada bagian ini, kita dapat menyimak dasar-dasar pengoperasian Ms Excel seperti cara meluncurkan aplikasi ini, membuat workbook baru, mengenal worksheet serta menyimpan dokumen yang telah selesai dibuat. Untuk itulah, simaklah pembahasan berikut.

Meluncurkan Ms Excel

Untuk meluncurkan program Ms Excel , terapkan petunjuk singkat berikut: Pertama-tama, tekan tombol Start HB terlebih dahulu.

Pilih opsi All Programs untuk memunculkan semua aplikasi yang tersedia. Selanjutnya, pilih opsi Microsoft Office >

Sesaat kemudian, kita akan masuk jendela utama Ms Excel seperti tampilan berikut.

Membuat Workbook Baru pada Excel

Workbook merupakan sebuah file yang berisi kumpulan worksheet yang yang berfungsi untuk mengorganisasikan beragam lembar kerja yang berisi data-data angka. Jika kita harus membuat lebih dari satu dokumen yang terdiri dari banyak workbook, tentunya kita harus membuat workbook baru untuk mengisikan data-data lainnya.

Berikut ini langkah-langkah yang bisa digunakan untuk membuat workbook baru:

» Pastikan bahwa kita telah meluncurkan aplikasi Ms Excel .

» Selanjutnya, pilih tombol Office Button HI yang terletak di bagian kiri atas halaman utama,

» Kemudian pilihlah opsi New. Lanjutkan dengan mengklik opsi Blank Workbook.

» Tekan tombol Create untuk memunculkan tampilan workbook yang baru.

Menvimpan Dokumen Excel

Untuk menyimpan dokumen yang telah selesai dibuat dengan aplikasi Ms Excel , terapkan cara praktis berikut:

» Tekan tombol Office Button HI. Lalu pilih opsi Save.

» Selanjutnya, ketikkan nama dokumen baru pada kotak teks File name.

» Pilihlah opsi Excel 97-2003 Workbook pada kotak kombo Save as type. Jika kita memilih opsi ini, maka dokumen kita bisa dibuka pada aplikasi Excel versi sebelumnya.

» Akhiri dengan menekan tombol Save untuk menyimpannya.

Nah saya harap anda sudah paham mengenai excel dan dasar-dasar ms excel.

pengertian microsoft excel (128), pengertian ms excel (75), makalah microsoft excel (50), pengertian excel (40), definisi microsoft excel (39), dasar dasar microsoft excel (35), penjelasan microsoft excel (34), dasar-dasar microsoft excel (26), panduan dasar microsoft excel (25), makalah microsoft excel 2003 (24), pengertian microsoft excel 2003 (20), makalah ms excel (19), pengertian tentang microsoft excel (15), pengertian excel 97-2003 workbook (14), pengertian dari microsoft excel (14)