Pengertian komputer

Pengertian komputer adalah alat yang dipakai untuk mengolah data menurut prosedur yang telah dirumuskan. Kata komputermungkin diserap dari bahasa inggris ‘compute’ yang artinya menghitung, dan ‘komputer’ yang artinya penghitung. Menurut sumber lain, komputer (atau lebih tepatnya computer) semula dipergunakan untuk menggambarkan orang yang perkerjaannya melakukan perhitungan aritmatika.

pengertian-komputer
pengertian-komputer

Komputer lambat laun kemudian dipindahkan kepada mesin yang digunakan untuk melakukan penghitungan itu sendiri. Dan saat ini, bahkan komputer bukan hanya menangani masalah hitung-menghitung aritmatika, namun juga untuk melakukan berbagai kegiatan yang membantu tugas manusia. Ini mungkin sudah bergeser dari awal mula penggunaan komputer yang hampir selalu berhubungan dengan masalah aritmatika. Namun kini komputer peranannya sudah cukup luas.

Istilah komputer lebih luas lagi mempunyai pengertian lainnya. Pengertian komputer tersebut adalah mengolah informasi” atau “sistem pengolah informasi.” Dan seiring dengan kemajuan teknologi yang sudah tidak terbendung lagi, kata komputer mempunyai berbagai macam penjelasan atau definisi komputer yang macam-macam.

Komputer, misalnya, pernah dipergunakan untuk mendefiniskan orang yang melakukan perhitungan aritmatika. Penghitungan ini dengan atau tanpa mesin pembantu.

Kata komputer, Menurut Barnhart Concise Dictionary of Etymology, digunakan dalam bahasa Inggris pada tahun 1646 sebagai kata untuk “orang yang menghitung” kemudian menjelang 1897 juga digunakan sebagai “alat hitung mekanis”. Namun kini pengertian komputer tidak hanya menangani urusan itu saja, namun berbagai urusan yang jaman dulu belum ada.

pengertian KOMPUTER (28)
Comments are closed. Posted by: kompu02 on

Tags: , , , , , ,