Pengertian Search Engine

Pengertian search engine dapat kita ketahui dari terjemahanya dalam bahasa indonesia. Search adalah mencari dan engine artinya mesin. Jadi pengertian search engine adalah mesin pencari. Dalam dunia komputer dan internet, ini mengacu pada situs yang memberikan layanan berupa pencarian dengan kata kunci tertentu di Internet pada sistem tersebut diolah melalui satu atau sekelompok komputer yang berfungsi untuk melakukan pencarian data. Kata kunci yang kita cari pada search engine dicocokkan dengan data yang ada pada mesin pencari ini. Misalnya, ketika kita hendak mencari dengan kata kunci souvenir pernikahan, maka kata kunci tersebut dicocokkan dengan database yang telah terkumpul di dalam mesin tersebut.

search engine

search engine

Keberadaan search engine sungguh sangat membantu mempermudah aktivitas pengguna internet dalam menemukan informasi yang dibutuhkan. Hal ini karena setelah kita terhubung dengan Internet, ada kalanya kita hendak mencari suatu informasi tetapi bingung dimana letak atau nama situsnya. Tidak jarang pula terkadang kita jenuh dengan situs yang tiap hari itu-itu saja yang kita kunjungi. Penulis masih ingat bagaiamana dulu harus menggunakan lembaran daftar nama situs yang harus dibawa manakala pergi ke warnet untuk mengingat alamat situs yang menyediakan informasi tertentu.

Ini sangat merepotkan, terlebih lagi karena ketika kita membuka suatu situs, kita tidak seketika mendapatkan informais yang kita inginkan. Ambil contoh misalnya ketika informasi tersebut ada di arsip situs tersebut, tentu kita perlu membolak-balik halaman-demi-halaman dari situs tersebut untuk menemukan informasi yang diharapkan. Ini tentu tidak efisien. Namun dengan menggunakan pencarian via search engine kita bisa menemukan alamat situs yang kita cari karena search engine memiliki jutaan hingga miliaran database yang berisi alamat-alamat situs dan informasi yang berserakan di Internet.

Barangkali inila yang menyebabkan search engine terkenal kerap menduduki salah satu peringkat teratas dari situs-situs yang paling banyak dikunjungi. Ambil contoh Google yang sering menjadi halaman utama di berbagai komputer publik seperti di warnet dll.

Cara kerja search engine jika disederhanakan adalah, search engine mengumpulkan sebanyak mungkin data dari jutaan hingga milyaran situs dan informasi di Internet untuk dimasukkan ke dalam databasenya. Aktifitas ini disebut sebagai pengindexan atau “penjelajahan” ke seluruh penjuru Internet yang dilakukan oleh sebuah program otomatis yang disebut spider, bot ataupun crawler.

Dengan demikian ketika kita melakan pencarian terhadap kata kunci tertentu, sebenarnya kita sedang mencocokkan kata kunci tersebut dengan informasi yang sudah tersimpan di database search engine yang sudah tersedia. Yang kerap menjadi kendala adalah kita terkadang kurang tepat atau tidak spesifik dalam memasukkan keyword untuk mencari informasi tertentu, sehingga hasil pencariannya menjadi tidak relevan. Bisa pula kita malahan kebingungan dalam memilah-milah informasi mana yang benar-benar kita dibutuhkan dari sekian ribu hingga jutaan informasi yang dihasilkan oleh sebuah search engine. Jadi ketika kita melakukan pencarian, ada baiknya jika kita memasukkan kata kunci yang spesifik. Nah dari sini, semoga penjelasan mengenai pengertian search engine ini dapat anda mengerti.

pengertian search engine (101), pengertian searching menurut para ahli (68), pengertian search engine menurut para ahli (17), pengertian task bar (15), penjelasan search engine (15), searching komputer (14), pengertian search engine adalah (13), pengertian searching menurut ahli (11), pengertian mesin pencari (10)