Pengertian TaskBar

Kita akan membahas bagian taskbar satu persatu. Pertama-tama, coba perhatikan tampilan desktop kalian masing-masing.

Bagian mana ya, yang disebut taskbar? Taskbar tampak seperti gambar di bawah ini:

Pada taskbar, kita bisa melihat software apa saja yang sedang aktif dan file atau folder apa saja yang sedang kita buka. Keistimewaan dari Windows XP adalah saat kamu membuka beberapa file dengan software yang sama, file-file tersebut bisa digabung menjadi satu grup seperti yang terlihat pada gambar di bawah ini. Ada 5 file Microsoft Excel yang dibuka pada saat yang bersamaan.

Singkatnya, taskbar menunjukkan apa saja yang sedang kita kerjakan pada saat itu. Hebatnya, taskbar ini bisa kamu atur juga. Kamu bisa menyembunyikan, memunculkan, atau mengelompokkan file yang sedang kamu buka sesuai dengan jenis softwarenya, pokoknya macam-macam deh.

Sekarang kita atur si taskbar ini, OK?!

Sekarang kita atur si taskbar ini, OK?!

1. Klik kanan pada taskbar

2. Klik Properties

3. Akan muncul jendela Taskbar and Start Menu Properties:

4. Klik Auto-hide the taskbar kalau kamu ingin taskbar bersembunyi secara otomatis saat tidak dipakai. Kalau mau mengeluarkannya lagi, kamu tinggal menggerakkan mouse ke bagian bawah layar, dan taskbar akan muncul lagi.

5. Klik Group similar taskbar buttons supaya file-file dengan software aplikasi yang sama bisa dikelompokkan di taskbar.

6. Klik Show the clock untuk memunculkan jam di icon tray yang ada di sebelah kanan bawah.

7. Klik Hide inactive icons supaya ikon-ikon pada icon tray yang sedang tidak dipakai bisa bersembunyi secara otomatis.8. Kalau sudah selesai melakukan semua perubahan, klik Apply.

9. Untuk menyimpan perubahan secara otomatis, klik OK.

pengertian taskbar (172), pengertian taskbar pada komputer (33), pengertian taksbar (30), arti taskbar (18), pengertian wallpaper (11)