Pengertian Windows XP

Apa itu Windows XP? Nama itu pastilah tidak asing lagi di telinga kita. Pengertian Windows XP merupakan sebuah sistem operasi (operating system) berbasis grafis yang dikembangkan oleh Microsoft. Sebagai sistem operasi, Windows XP menjadi dasar pengoperasian seluruh aplikasi atau program yang diinstal ke dalam komputer.

Istilah “XP”yang mengikuti kata Windows adalah kependekan dari “Experience“. Windows XP tentunya bukanlah sistem operasi pertama yang dikembangkan oleh Microsoft. Sistem operasi ini merupakan penerus dari sistem operasi sebelumnya yakni Windows dan Windows Me.

Windows XP diluncurkan ke publik dalam berbagai edisi, mulai dari Home Edition hingga. Perbedaan edisi tersebut terletak pada kelengkapan fitur jaringan yang ada di setiap edisi, dimana edisi memiliki fitur jaringan yang lebih lengkap dibandingkan dengan Home Edition. Desain Windows XP Home Edition tidak memungkinkan digunakan untuk banyak pengguna, karena tidak memiliki dukungan jaringan yang memadai. Windows XP edisi ini tidak dapat bergabung dengan sistem domain Active Directory, tidak memiliki sistem berkas terenkripsi, tidak dapat menjadi server, dan tidak dilengkapi dengan fitur Internet Connection Sharing (ICS). Sementara Windows XP bisa digunakan untuk banyak pengguna dan menjadi sebuah server meski dalam kapasitas yang terbatas. Sebagai sistem operasi yang mendasari pengoperasian semua program atau aplikasi dalam komputer, Windows XP memiliki kestabilan dan efisiensi yang lebih baikdibandingkan dengan pendahulunya. Windows XPdidesain dengan menerapkan teknik manajemen software yang dapat menghindari “DLL Hell”. Selain memiliki kestabilan dan efisiensi yang lebih baik, Windows XP edisi memiliki fitur yang lebih lengkap dibandingkan pendahulunya seperti Windows 98 dan Windows 2000.

pengertian sistem operasi windows xp (32)