Sistem Operasi, Operating System, Pengertian Definisi

Mungkin sebagian dari kita ada yang bertanya mengenai pengertian sistem operasi atau definisi sistem operasi. Well, sistem operasi sebenarnya sama saja dengan operating system. Kalau menurut para pakar, sistem operasi sebenarnya adalah software (program) yang biasa-biasa saja. Nah, software ini menjadi istimewa karena tugas utamanya adalah mengatur kerja hardware komputer. Jadi, sistem operasi bekerja mulai saat kita menghidupkan komputer sampai kita mematikan komputer. Seperti nyawa, sistem operasi membuat komputer kita hidup, bisa diajak ngomong-ngomong, dan diperintah ‘a, b, c, d….’ atau disuruh ‘ini itu’

Pernah dengar yang namanya Windows 98, Windows ME, atau Windows XP? Semua itu adalah software sistem operasi berbasis Windows. Lalu ada juga RedHat, SuSE, dan Slackware yang berbasis Linux. Nah, si Windows dan si Linux itulah contoh software sistem operasi.

Karena sistem operasi adalah ‘nyawa komputer’, maka sebelum dipakai, komputer harus kita isi dulu dengan sistem operasi ini. Sistem operasilah yang akan menghubungkan hardware dengan kita sebagai penggunanya. Setelah sistem operasi ini diisikan (istilah kerennya di-install), baru deh kita bisa menambahkan program aplikasi lain. Proses ini tidak bisa dibalik, lho! Tidak mungkin program aplikasi bisa diisi ke komputer, apalagi dioperasikan, kalau kita: belum meng-install sistem operasinya dulu.

Menurut para ahli komputer, arti sistem operasi dan fungsi sistem operasi adalah:

1. Software yang mengontrol kerja hardware

2. Software yang mengontrol software (program) yang lainnya

3. Kernel, yaitu program yang selalu berjalan selama komputer dihidupkan

4. Guardian, yaitu pengatur dan penjaga komputer dari serangan berbagai kejahatan komputer

Cara Sistem Operasi Bekerja

Lalu, bagaimana cara sistem operasi bekerja setelah kita isikan ke komputer? Gampang!!! Kita anggap saja komputer itu adalah rumah teknologi tinggi milik kita yang setiap saat bisa kita kunjungi (syaratnya harus ada listrik lho!). Rumah ini punya fasilitas lengkap. Ada kamar untuk menggambar, membuat diagram, menghitung soal matematika, mengetik, melukis, main game, sampai berselancar. Wow, hebat ya! Di rumah komputer ini, sistem operasi adalah robot pengurus rumahnya.

Proses menghidupkan komputer sebenarnya mirip dengan saat kita mau masuk ke dalam rumah. Pertama, kita harus menekan bel [menyalakan komputer – tekan tombol power], lalu robot pengurus rumah [sistem operasi] akan melesat membukakan pintu utama. Pengurus rumah kita ini sangat ramah dan sabar.

Setiap kali ada orang yang datang, si pengurus rumah akan meminta identitas orang itu ketika berada di pintu gerbang. Kalau orang yang datang sudah dikenal atau punya identitas yang jelas, minimal bisa menulis kata sandi yang benar, maka dia akan dipersilakan masuk. Tapi kalau yang datang tidak punya identitas yang jelas, maka pengurus rumah tidak akan mengizinkan orang itu masuk. Rumah komputer kita memiliki kata sandi [password], jadi kalau mau masuk ke dalam rumah, kita harus tahu kata sandinya. Keren, kan! Yang pasti, pengurus rumah, si sistem operasi, tahu cara menggunakannya. Tidak sembarang orang bisa masuk ke rumah komputer kita. Sistem operasi pasti akan menanyakan kata sandinya; password, passwordl!!

Tapi namanya juga robot, yang dilakukan ya urut begitu-begitu saja. Pertama-tama, dia akan menjelaskan kepada kita peralatan dan fasilitas [hardware dan software] yang ada di dalam rumah: ada kamar desain, kamar pengolah kata, kamar pengolah angka, kamar game, kamar untuk berselancar di dunia maya, dan ada juga

fasilitas untuk mencetak. Selain itu, ada juga fasilitas musik, jadi kita bisa mengelilingi rumah sambil ikut menyanyi atau manggut- manggut mengikuti irama lagu. Wah, keren!!!

Saat kita mau menggunakan sebuah software, misalnya pengolah angka, pengurus rumah akan mengantarkan kita ke kamar pengolah angka. Kita tinggal klik- klik- klik untuk memakainya.

Mau kirim surat ke Wulan atau Cecep? Pengurus rumah bisa juga membantu kita mengatur proses pengiriman surat. Jangan takut, kita bisa mempercayai si pengurus rumah, kok. Surat yang dikirim akan sampai tepat waktu dan tidak akan nyasar. Nah, proses ini terjadi waktu kita mengirimkan e-mail.

Setelah bosan atau capek berkeliling rumah dan mau pulang, pengurus rumah akan mengantarkan kita ke pintu keluar. Sebelum pintu benar-benar ditutup, pengurus rumah akan membersihkan rumah. Jadi saat kita masuk lagi, rumah komputer kita tetap bersih dan rapi.

Fungsi Sistem Operasi

Mungkin kamu akan bertanya-tanya, “Kenapa sih harus ada sistem operasi? Apa fungsi sistem operasi” Sebenarnya ada beberapa alasan, yaitu:

1. Supaya kita bisa menggunakan program-program lainnya.

Sistem operasi adalah sistem utama. Kalau sistem operasi tidak ada, maka software aplikasi tidak akan bisa diisikan ke dalam komputer dan otomatis tidak akan bisa dipakai.

2. Supaya kita tidak sembarangan memakai fasilitas di rumah komputer kita.

Sistem operasi memberitahukan pada kita tentang larangan dan rambu-rambu yang harus dipatuhi selama menjalankan komputer. Misalnya, kita tidak boleh asai menekan tombol power OFF untuk mematikan komputer dan tidak boleh menghapus file seenaknya.

3. Membuat sistem komputer nyaman untuk digunakan*.

Sistem operasi membuat komputer kita menjadi nyaman untuk digunakan karena dia akan selalu mengatur dan membersihkan ruangan yang ada. Sistem operasi juga melakukan pekerjaan yang tidak bisa kita lihat. Contohnya adalah saat membuka file, sebetulnya file yang kita buka secara otomatis disimpan untuk sementara (temporary files) di tempat yang namanya buffer. Nah, setelah file ditutup, temporary files yang menumpuk di ruang penyimpanan akan dibersihkan oleh si sistem operasi.

4. Mengefisiensikan hardware komputer.

Saat mau menggunakan fasilitas di dalam rumah, kita pasti berharap bahwa semua aman tanpa ada kerusakan. Seandainya ada kerusakan, pengurus rumah akan memberitahu kita bahwa ada bagian yang rusak sehingga kita bisa secepatnya mengganti bagian yang rusak itu.

Nah itu tadi pembahasan mengenai sistem operasi, pengertian sistem operasi atau definisi sistem operasi.

pengertian sistem operasi menurut para ahli (39), pengertian guardian (16), sistem operasi menurut para ahli (14), definisi sistem operasi menurut para ahli (13)