Software, Pengertian Software, Arti Software

Sebenarnya apa pengertian software itu? Untuk mengetahui pengertian software, kita bayangkan saja kalau di rumah ada perangkat keras komputer, misalnya monitor, CPU dan semua perlengkapan lainnya, seperti keyboard, mouse yang bisa kelap-kelip, speaker super stereo, dan printer paling canggih abad ini.

Wah, lengkap sekali, kan? Tapi, kalau komputermu belum ‘disentuh’ yang namanya software (program), walaupun kamu mencoba menghidupkannya selama 2 hari 2 malam, tetap saja komputermu tidak akan bisa dipakai.

Bahasa kerennya, software adalah perantara antara hardware komputer dengan manusia. Tujuannya adalah supaya keduanya bisa berkomunikasi dengan baik dan bisa membantu pekerjaan manusia. Nah gampangnya, kamu harus mengisi komputermu dengan software dulu, baru deh komputermu bisa dipakai untuk ini… itu…

Jenis Software ini jenisnya banyak sekali. Ada software yang bisa dipakai untuk mengetik, menggambar, atau mendengarkan musik. Ada juga lho, software yang bisa dipakai untuk berkomunikasi dengan teman kamu yang berada di tempat yang jauh. Wah!!! Hebat banget ya si software ini….

Contoh software yang bisa kita gunakan untuk mengetik adalah Microsoft Office, Star Office, Open Office, dan lain-lain. Di bawah ini adalah contoh tampilan softwarenya…

Kalau untuk menggambar, kita bisa menggunakan software Corel Draw, Adobe Illustrator, Macromedia Freehand, dan lain-lain, seperti gambar di bawah ini.

Tapi, bagaimana dengan software yang bisa kita pakai untuk bertemu teman kita yang berada di tempat yang jauh? Nah, untuk yang satu ini, kita harus berhubungan dengan yang namanya internet. Dengan internet, kita bisa berkomunikasi dengan teman-teman di luar kota, malah bisa juga sampai ke luar negeri. Software yang biasa digunakan adalah Internet Explorer, Netscape Communicator, atau Mozzila Firefox.

Saat ini, kita sudah mengenal software sistem operasi Windows dengan banyak jenisnya, misalnya Windows 3.0, 3.1, ME, NT dan yang sekarang paling banyak dipakai adalah Windows XP. Produk keluaran Microsoft ini terus dikembangkan dan akan muncul Windows-Windows versi baru.

Selain Windows, ada juga Linux dengan semua jenisnya yang masih bisa kamu download secara gratis. Kalau mau, kamu juga bisa ikut menyumbangkan ide kamu untuk memperbaiki kelemahan Linux yang masih ada di sana-sini, tapi syaratnya kamu harus OK dalam hal ‘mengutak-atik’ sistem operasi.

Ada satu lagi sistem operasi, namanya Macintosh. Sistem operasi yang satu ini masih berjaya dengan software grafisnya. Sayangnya, Macintosh harganya mahal dan software aplikasi yang compatible alias yang bisa dipakai menggunakan Macintosh masih susah dicari.

Demikian tadi penjelasan mengenai pengertian software atau definisi software.