Style pada Teks MS Word

Agar tampilan teks dalam dokumen semakin berkarakter kuat, tambahkan style-style tertentu pada teks tersebut seperti style huruf tebal, huruf miring serta pemberian garis bawah pada teks. Penambahan style itu berfungsi untuk mengetahui penekanan atau fokus khusus terhadap kalimat-kalimat tertentu. Selain itu, kita juga bisa memanfaatkan fasilitas Subscript dan Superscript untuk mengetikkan rumus- rumus kimia maupun simbol-simbol lainnya sesuai dengan kebutuhan. Ikutilah pembahasan selengkapnya pada uraian di bawah ini.

 

Menebalkan. Memiringkan, dan Memberi Garis Bawah pada Teks

Apabila ingin menebalkan, memiringkan, dan memberi garis bawah pada teks untuk memberikan penekanan terhadap kalimat tertentu, terapkanlah langkah singkat di bawah ini:

» Aktifkan tab Home untuk mengawalinya.

» Lanjutkan dengan menyeleksi teks yang akan diberi style tertentu. Sebagai contohnya, kita akan menebalkan kalimat pertama pada teks berikut. Setelah menyeleksi lalu tekanlah ikon Bold B untuk memperoleh tampilan teks dengan huruf tebal.

 

» Jika kita hendak memiringkan teks pada dokumen yang sedang diketik, seleksilah teks tersebut kemudian tekanlah ikon Italic

 

» Tekanlah ikon Underline 0 apabila hendak memberi garis bawah pada teks.

 

» Aturlah tebal tipisnya garis bawah dengan mengklik kotak kombo Underline. Pilih ketebalan garis sesuai keinginan.

 

Menggunakan Subscript dan Superscript

Untuk mengetahui perbedaan Subscript dan Superscript serta cara penerapan style-style tersebut pada teks dalam dokumen, ikutilah penjelasan berikut.

Cara membuat Subscript text ms word

Style ini bisa digunakan untuk mengetikteks yang turun setengah spasi ke bawah dan sering diterapkan dalam penulisan rumus-rumus kimia seperti 02, C02 dan lain- lainnya. Cara penggunaannya sebagai berikut:

» Ketikkan rumus kimia Oksigen dalam format biasa.

» Kemudian seleksilah bagian yang akan diturunkan setengah spasi ke bawah.

Misalnya, seleksilah angka 2 dalam teks 02.

 

Klik tab Home. Lalu tekan ikon Subscript x>.

» Sekarang lihatlah tampilan angka yang terseleksi itu akan turun setengah spasi ke bawah.

Cara membuat Superscript text ms word

Superscript memiliki fungsi yang berkebalikan dengan Subscript. Style ini akan menyebabkan teks naik setengah spasi. Gunakan fitur ini apabila ingin mengetikkan simbol derajat maupun bilangan kuadrat.

Ikutilah petunjuk di bawah ini:

» Seleksi teks atau angka yang akan dinaikkan sebanyak setengah spasi.

» Tekan ikon Superscript yang terletak di tab Home.

» Teks pilihan akan secara otomatis naik sebanyak setengah spasi seperti ilustrasi di bawah ini.

cara memiringkan tulisan di word (13)